Tugas PBO EXCEPTION HANDLING

 EXCEPTION HANDLING

    Exception handling merupakan fasilitas di java yang memberikan flexibilitas kepada developer untuk mengatasi bug atau kesalahan yang terjadi ketika perogram berjalan.
Karena Exception adalah sebuah kelas maka hakikatnya ketika program berjalan dan muncul sebuah bug atau kesalahan maka bug tersebut dapat dianggap sebuah object.

Perbedaan antara Class Error dan Class Exception

Error dan exception pada dasarnya berbeda, error merupakan masalah yang muncul rapi tidak ada alasan yang kuat untuk memperbaikinya. Sedangkan exception merupakan kesalahan kecil yang muncul dan ingin diperlakukan sesuai keinginan kita. 

5 Keyword yang penting dalam exception handling:

 1. Try

Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. 

2.Catch

Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword catch adalah untuk menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah 2 menangkap kesalahan yang terjadi maka programmer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan programmer.

3.Finally

Keyword finally merupakan keyword yang menunjukan bahwa block program tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.

 4. Throw

 Keyword ini digunakan untuk melemparkan suatu bug yang dibuat secara manual.

5. Throws 

Keyword throws digunakan dalam suatu method atau kelas yang mungkin menghasilkan suatu kesalahan sehingga perlu ditangkap error-nya. Cara mendefinisikannya dalam method adalah sebagai berikut : type method-name throws exception-list1, exceptio-list2, … {}. 

Contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

Contoh program exception handling di bawah ini akan menjelaskan mengenai mendeklarasikan, melemparkan dan menangkap exception pada program Java. Instance method yaitu setPanjang(), setLebar() dan setTinggi() dapat melemparkan (throw) exception ketika nilai yang dimasukkan berupa angka negatif.

 Pada class BalokDenganException di atas, method setPanjang(), setLebar() dan setTinggi() akan melemparkan exception bila nilai yang dimasukkan adalah negatif. Method-method tersebut mendeklarasikan IllegalArgumentException pada method headernya. Meskipun tanpa menggunakan klausa throws IllegalArgumentException pada deklarasi method, class BalokDenganException akan tetap sukses di compile. Ini dikarenakan exception tersebut merupakan subclass dari RuntimeException (unchecked exception) terlepas dari apakah exception tersebut dideklarasikan pada method header.

Kemudian untuk mengujinya bisa menggunakan class TestBalokDenganException seperti di bawah ini:


Nama : Zelda Elma Sibuea

NRP : 051119400000038

Kelas : PBO A

Komentar

Postingan Populer